Pajak Dan Padi Umkm Bagian I, Yuk Simak Informasi Lengkapnya

  • Whatsapp

PaDi UMKM sebagai platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini hadir ditengah-tengah kerisauan para pelaku UMKM terutama sejak Agustus 2020 lalu. Platform pengadaan barang dan jasa BUMN ini menyediakan berbagai fitur serta kemudahan bertransaksi baik itu dari penjual maupun pembeli. Platform pengadaan barang dan jasa BUMN ini terus berinovasi hingga saat ini untuk terus berkembang dan menjadi platform kepercayaan para pelaku usaha UMKM.

Read More

Di Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini terdapat pajak sebagai pengatur transaksi di dalamnya, perlu diketahui bahwa Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu pada tanggal 8 Juni 2018. Ketentuan ini mulai berlaku 1 Juli 2018.

Alasan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 adalah: Mendorong masyarakat berperan serta dalam kegiatan ekonomi formal dengan cara memberikan kemudahan dan kesederhanaan kepada WP yang memiliki peredaran bruto tertentu dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan diberikan jangka waktu tertentu. Lalu, Memberikan keadilan kepada WP yang memiliki peredaran bruto tertentu yang telah mampu melakukan pembukuan, sehingga WP dapat memilih untuk dikenai Pajak Penghasilan berdasarkan tarif umum Undang-Undang Pajak Penghasilan.

Untuk tarif Pph sendiri yang wajib Anda ketahui adalah Tarif PPh yang dikenakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 adalah sebesar 0,5% dan bersifat final. Pada platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini terdapat cara untuk unggah bukti setor pajak yaitu Pada Akun Buyer di PaDi UMKM, pertama Bukti setor pajak dapat diunggah oleh Akun staff selanjutnya Klik “Daftar Transaksi” pada dashboard kemudian Pilih transaksi dengan status “Menunggu Pembayaran” dan pilih “lihat detail” berikutnya Pada Dokumen Transaksi klik “Pajak” dan yang terakhir pilih jenis dokumen pajak yang ingin diunggah.

Perlu diketahui, keunggulan platform digital ini sangat mumpuni yang membuktikannya layak untuk diprioritaskan untuk bertransaksi seperti keunggulannya untuk UMKM yang dimana aksesnya tidak hanya lokal saja bahkan secara global, dan lalu kemudahan dalam proses pembiayaan agar nantinya UMKM mampu bertahan bahkan terus berkembangan ke depannya. Tetapi setelah toko Anda berhasil tergabung di pengadaan barang dan jasa BUMN ini, pastikan Anda memperhatikan Syarat transaksi dan bergabung di PaDi UMKM.

Pajak diperlukan di dalam platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini mengingat begitu banyak transaksi dari nominal kecil hingga besar terjadi di setiap harinya. Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini menginginkan para pelaku usaha UMKM tetap percaya diri bergabung di dalam PaDi UMKM meskipun perusahaannya belum terdaftar secara resmi di negara.

UMKM sebagai penopang negara wajib untuk dibantu dalam bertahan terutama di masa sulit seperti sekarang ini. Pandemic hadir meratakan perekonomian negara dari berbagai sektor menuju penurunan yang sangat signifikan. Tidak hanya perusahaan kecil, perusahaan esar pun ikut terdampak dan merasakan penurunan hingga terjadinya pemberhentian hubungan kerja karyawan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *